Manfaat Dadih untuk Bayi dan Balita bagi Kesehatan

Posted on
Anak makan dadih

Dadih, makanan musim panas terbaik untuk Anak

Musim panas yang terik membuat orang, terutama anak-anak, sakit di kota-kota dan desa-desa di India. Di kota-kota seperti Chennai dan Delhi, musim panas berlangsung selama beberapa bulan dan membawa kesengsaraan yang luar biasa dalam kehidupan orang-orang. Cacar air, penyakit kuning dan infeksi saluran kemih sangat umum di antara anak-anak di hari-hari musim panas. Pada minggu awal Mei saya mendengar dari kepala sekolah putra saya bahwa kurang dari lima puluh persen siswa hadir di sekolah selama minggu pertama Mei. Panas musim panas membuat anak-anak sakit. Panas tubuh ini memicu diare, muntah, kelelahan, dehidrasi dan penurunan berat badan pada anak. Makan manisan, daging, gorengan, dan makanan berminyak lainnya membuat musim panas lebih tak tertahankan bagi anak-anak. Panas perut dan diare sangat umum di antara anak-anak selama musim panas. Makanan terbaik yang bisa mendinginkan tubuh anak di musim panas adalah dadih. Dadih memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan merupakan makanan yang baik untuk bayi.

Dadih atau yoghurt untuk perut yang sehat, usus yang sehat

Jika anak mengalami diare, makanan terbaik yang bisa Anda berikan adalah dadih. Nasi dengan dadih membuat kombinasi makanan yang sangat baik. Nasi dadih akan menenangkan usus anak dan menahan diare. Dadih akan mendinginkan perut dan tubuh. Dadih adalah probiotik alami dan membantu tubuh mendapatkan kembali bakteri berguna yang hilang melalui pengobatan antibiotik. Bayi dan balita mengalami diare parah ketika mereka dirawat karena pilek dan penyakit lainnya melalui antibiotik. Antibiotik akan membersihkan bakteri yang berguna dari usus yang menyebabkan diare parah pada anak-anak. Dadih dan yoghurt akan membantu tubuh memulihkan bakteri yang hilang. Saya memberi anak saya dadih dengan nasi setiap kali dia terkena diare. Dadih adalah makanan sehari-hari baginya. Saya memberinya nasi dadih sebagai makan siang setiap hari. Anda bisa memberikan salad campuran sayuran dadih bersama dengan roti atau chappathi. Ambil secangkir dadih dan tambahkan irisan bawang bombay, wortel, dan mentimun. Tambahkan sedikit garam. Anak-anak akan menyukai salad ini bersama dengan makan siang mereka. Salad ini akan meredam panas tubuh di iklim panas dan lembab.

Termasuk yoghurt dalam makanan anak

Sertakan dadih dalam diet balita setiap hari. Jika anak suka dadih manis, masukkan sedikit kurma ke dalam dadih. Anda juga bisa menambahkan buah dan beri ke dadih. Anak-anak akan menyukai bentuk dadih yang manis ini. Biasakan memberi salad buah dadih setiap hari. Beberapa anak menyukai dadih yang dimaniskan dengan gula. Menambahkan buah-buahan lebih baik daripada menambahkan gula. Selama musim panas, anak-anak harus diberi secangkir dadih asin atau dadih manis setiap hari. Namun pastikan anak tidak diberikan yoghurt dengan kandungan gula tinggi. Tambahkan gula, hanya untuk memberi rasa ringan. Pemanis dengan buah-buahan segar adalah yang terbaik.

Dadih, makanan sehat yang mudah dicerna untuk anak-anak

Dadih mudah dicerna. Oleh karena itu dianjurkan bila anak terkena masalah perut dan diare. Dibandingkan dengan susu dan bentuk susu lainnya termasuk ghee, mentega dan keju, dadih adalah bentuk susu yang mudah dicerna. Tidak seperti susu, dadih cenderung tidak menyebabkan gangguan pencernaan, sakit perut, dan diare. Oleh karena itu, dadih direkomendasikan untuk bayi di atas usia 1 tahun. Menambahkan buah-buahan lebih baik daripada menambahkan gula. Selama musim panas, anak-anak harus diberi secangkir dadih asin atau dadih manis setiap hari. Namun pastikan anak tidak diberikan yoghurt dengan kandungan gula tinggi. Tambahkan gula, hanya untuk memberi rasa ringan. Pemanis dengan buah-buahan segar adalah cara terbaik.

Dadih untuk kesehatan dan kekebalan tubuh

Ditemukan bahwa anak-anak yang secara teratur diberikan yoghurt kurang rentan terhadap penyakit dibandingkan dengan anak-anak lain yang tidak makan yoghurt. Dadih kaya dengan kultur bakteri yang akan mendorong sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Anak-anak yang diberi dadih dalam makanan sehari-hari mereka akan kurang rentan terhadap infeksi virus dan infeksi bakteri.

Yoghurt, sumber kalsium dan mineral yang luar biasa

Menjadi sumber kalsium yang baik, dadih atau yoghurt membuat makanan sehat untuk anak-anak. Dadih memungkinkan penyerapan kalsium yang lebih baik dalam tubuh dibandingkan dengan susu. Makan dadih akan memberikan manfaat kalsium terbaik. Meskipun susu juga kaya akan kalsium, namun kalsium dalam susu tidak sepenuhnya terserap ke dalam tubuh. Oleh karena itu dadih lebih direkomendasikan daripada susu. Dadih juga kaya akan protein dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang anak. Dadih memungkinkan penyerapan mineral dan kalsium yang lebih baik dalam tubuh karena adanya asam laktat.