Cara Membuat Minyak Bawang Putih

Posted on
Cara Membuat Minyak Bawang Putih

Minyak bawang putih adalah salah satu minyak dengan rasa paling enak yang bisa digunakan sebagai bahan dan saus. Ada banyak cara untuk mengolah minyak rasa yang enak ini di rumah. Ini juga bisa dibeli dari toko karena banyak digunakan untuk keperluan memasak. Ini meningkatkan rasa ikan, daging, dan roti. Ini bisa digunakan sebagai minyak celup untuk roti. Minyak juga digunakan sebagai bahan pokok di sebagian besar masakan karena memberikan rasa yang segar dan menggugah selera.

Cara Mempersiapkan Minyak Bawang Putih:

Minyak bawang putih dapat dibuat dengan berbagai metode. Namun, cara tradisional dalam mengolah minyak ini cukup sederhana. Tempatkan minyak murni dalam botol bening dan masukkan siung bawang putih ke dalamnya. Botol tersebut kemudian ditutup rapat dan didiamkan dalam suhu kamar selama beberapa minggu atau jam. 

Minyak bawang putih perasa harus disiapkan dengan sangat hati-hati karena dapat menyebabkan keracunan makanan. Untuk mempercepat proses penyedap, minyak dapat disimpan di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Setelah minyak dibumbui, sangat penting untuk menyimpannya di lemari es untuk mencegah botulisme.

Selain metode tradisional, masih banyak teknik lain dalam menyiapkan minyak infus rasa dengan mudah dan cepat. Panaskan minyak murni dan tambahkan 20 siung bawang putih segar yang sudah dikupas. Masak selama 25 menit sampai bening dan empuk. Angkat wajan dari kompor dan biarkan minyak mendingin selama beberapa waktu. Tiriskan minyak dari cengkih dan tuangkan ke dalam botol bersih. Tutup botol dengan tutup dan segera simpan di lemari es. Penting untuk menggunakan minyak dalam dua minggu untuk menghindari kemungkinan keracunan makanan.

Tips Mengawetkan Bawang Putih:

Sangat mudah untuk menyimpan dan mengawetkan bawang putih untuk mencapai kekuatannya yang bermanfaat. Penting untuk menyimpannya dalam kondisi yang menguntungkan sehingga dapat mempertahankan rasa dan khasiat penyembuhannya. Jika disimpan dengan benar dan pada suhu yang tepat, dapat bertahan selama berbulan-bulan. Dibandingkan dengan varietas kering, bawang putih basah lebih enak dan mudah dicerna. Namun perlu disimpan di lemari es agar tahan lebih lama. 

Ketika cengkeh dikeluarkan dari umbi, masa pakainya sangat berkurang. Ini perlu disimpan dalam keranjang kawat di dalam lemari agar tetap terjaga kesegaran dan nilainya. Diperlukan banyak udara kering sehingga dapat menghambat pertumbuhan kecambah. Tidak boleh disimpan dalam kantong plastik di dalam lemari es karena dapat menyebabkan munculnya jamur.

Dapat juga disimpan di lemari es dalam bentuk cincang, tetapi disarankan untuk tidak menyimpannya di kompartemen freezer karena rasa dan teksturnya berubah secara drastis. Sebagian besar resep membutuhkan satu atau dua siung daripada seluruh umbi.

Kebanyakan orang lebih suka memotong, memotong, atau menggiling bawang putih dan menggunakannya setelah didiamkan selama 15 menit agar rasanya semakin enak.